Rabu, 27 April 2016

PAMER

Pamer adalah sesuatu  kegitan memamerkan sesuatu.. hmmm yailahhh. kali ini kita tidak akan membahas arti kata pamer atau kenapa disebut pamer dan lain sebagainya tetapi pembahasan kali ini mengenai mengekspos suatu daerah yang sangat beautifull. ehh sebelum lanjut, kata memamerkan dan mengekspos sama yah??? ahh pokonya itulah... kali ini tentang kampung halaman saya yang very beautifull. ia kampung saya adalah sebuah kabupaten di sulawesi tengah yaitu kabupaten morowali. oh iya bedewe just info morowali adalah suatu kabupaten dengan luas 14.490,12 km dan jumlah penduduk ± 180.887 jiwa. sebelum membahasnya sebenarnya tulisan ini kemarin saya buat untuk persyaratan mendapatkan beasiswa dari Bank BI tapi karena ada kesalah sistem dan misskomunikasi jadinya batal deh. hmmm, tapi dengan sedikit polesan akhirnya bisa terbit di blog ini. ehh ko malah curhat.. hehehe......... ok lanjut yah, untuk menggambrkan awal tentang kampung saya ini, saya menyebutnya dengan "sepenggal surga yang jatuh di sulawesi" wassekkkkk... tidak berlebihan tetapi kenyataannya memang begitu. katanya juga sih Tuhan lagi tersenyum ketika menciptakan morowali. hahahaha.......... oke, mari kita membahas mengenai sepenggal surga yang jatuh di sulawesi ini. saya menyebutkan dengan sepenggal surga karena memang kabupaten ini adalah kabupaten yang sangat komples, mulai dari segi penghasilan daerah sampai destinasi wisata yang kalau kata syahrini ulalaaaa.. penghasilan daerah misalnya dari sektor pertambangan, morowali disebut juga dengan bumi sejuta tambang ada sekitaran puluhan perusahaan tambang yang beroprasi di kampung saya ini dan belum lama ini telah diresmikan pabrik smelter satu pintu terbsar di asia bahkan disebut-sebut terbesar di dunia yang diresmikan oleh om joko widodo. krennn kann???
(baju batik biru berpeci hitam itu bupati kami bapak Drs. H. Anwar Hafidz M.Si
 kurang kren gimana coba kampung halaman saya... beralih ke keindahan alam yang tidak kalah wownya juga. mulai dari pegunungan yang indah sampai pantai yang menawan. kalau mau di tulis dari awal mengenai destinasi wisata saya rasa tidak akan cukup, jadi saya akan membahasa beberapa diantaranya saja yah... kalau mau lebih banyak bisa langsung datang ke sini ajah, dijaminnn pasti terpuaskan. hehehe.




oke beberapa destinasi wisata itu adalahhhhhh.... jreng-jrengggg.....wesssssss........




1. bahomumpa (baho=air, umumpa=turun) jadinya air yang turun atau air terjun. air terjunnya ini
langsung ke air laut lohhh. jadi bisa dibayangkan bagaimana nikmatnya berendam disini. perpaduan antara sejuknya air pegunungan plus hangatnya air laut. sumpahhhh ini seperti di surgaaaaa.... surga?? memang sudah pernah ke surga?? ahaha lebayyyy. tapi begitulah gambarannya. walau agak lebay dikit sih.




2. ondaro. saya sendiri kurang paham artinya.
tapi nantilah saya tanyakan kepada tetua adat disana, ini kalau sempat juga, tidak janji yah. ehh... ahhh sudahlah.  tapi itulah tempat ini kerenn juga. ini adalah penampakan foto kami ketika trip ke sana. sedikit info, tempat ini punya teman saya yang di foto itu yang lagi mendayung sampan. kalau ada yang mau berkunjung bisa langsung hubungi ke saya nanti saya sampaikan ke si doi. ehh ko jadi promosi?? hahaha tapi itulah tempatnya asikk dekat sama bahomumpa tadi. sedikit gambaran tempatnya itu ada rumah panggung/rumah diatas air laut kecil yang dikelilingi lautan dan dibalut pegunungan. seperti di tipi-tipi biasa. sungguh indahh sekali.
3. sombori.
ini yang lagi rame bingitssss..... ini tempatnyaaa wawwwww sekali sodara-sodara. walupun saya sendiri belum pernah kesini. hmmmmm hikssssss.T_T. alasannya sih karna tempat ini juga baru ditemukan oleh penduduk dan saya masih dalam posisi menuntun ilmu di luar kampung halam jadi terdesak masalah itu. untuk foto-foto dari sombori ini bisa juga di akses di mbah google udah banyak yang posting. ini juga salah satu alasan saya kuliahnya pengen cepat-cepat pulang kampungggg karna masi banyak destinasi wisata yang belum saya jamak.


oke. itulah sekelumit tentang kampung saya. sepenggal surga yang jatuh di sulawesi. walaupun ini postingan baru sebahagian kecil menggambarkan tentang kampung saya ini tapi saya rasa sudah cukup mewakili keindahannya dari segala sektor..... ingat yah hanya sebagian kecil masih banyak keindahan-keindahan lainnya. karena keterbatasan kuota jadi saya hanya mengupload sebagian kecil.. hiksss T_T... ahhh sudahlahhh....
mungkin yang berminat jalan-jalan ke sini bisa hubungi saya dengan cara ketik REG spasi NAMA ANDA spasi TEMPAT YANG MAU DIKUNJUNGI. kirim ke 8999.

bercanda kok. anda bisa hubungi saya di 0813-4384-5357.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar